Tips Menjaga Kebersihan Pakaian Bayi

Ibu memiliki peran yang sangat besar dalam mempertahankan agar pakaian bayi tetap bersih walaupun sudah berkali-kali digunakan. Menjaga kebersihan baju dapat melindungi kulit bayi yang masih sensitif dan halus sehingga dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti gatal atau iritasi akibat kuman yang menempel di serat kain. Berikut beberapa cara yang akan kami bagikan untuk Anda dalam menjaga kebersihan pakaian si kecil.

  1. Segera cuci pakaian yang baru di beli dari toko. Kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi baju yang disimpan di toko ataupun di dalam gudang. Bisa juga sudah terkontaminasi dengan kotoran maupun kuman yang dapat berbahaya untuk kesehatan bayi. Untuk itu pastikan bayi aman sebelum mengenakan baju baru dengan mencucinya sampai bersih. Jangan lupa gunakan Rinso Cair Anti Noda karena mampu menghilangkan noda dan kotoran dua kali lebih efektif dari sabun cuci biasa membuat pakaian bayi terjaga kebersihannya.
  2. Rendam baju dengan air hangat sebelum dicuci, agar kuman yang menempel dapat lebih mudah mati dan hilang dibandingkan dengan air biasa. Jika kuman masih menempel pada permukaan serat kain di khawatirkan kulit bayi menjadi gatal-gatal dan kemerahan sebagai tanda iritasi. Tentu Anda tidak ingin si kecil menjadi rewel karena merasa tidak nyaman.
  3. Rutinlah mengganti baju si kecil, jangan gunakan baju yang sama dalam waktu yang lama. Sebab keringat yang menempel di baju juga dapat menjadi sarang kuman yang membuat kulit halus bayi menjadi gatal. Selain itu dengan rajin mengganti bajunya dapat mengurangi resiko terkena tumpahan kotoran yang berasal dari makanan atau minuman atau ketika ia sedang bermain di lantai. Usahakan satu baju dikenakan maksimal selama 4-5 jam dalam sehari.
  4. Jangan campur baju bayi yang kotor akibat noda dengan pakaian yang bersih. Sebab noda atau kotoran tersebut dapat mengkontaminasi pakaian yang bersih dan dikhawatirkan ikut membuat pakaian lain menjadi kotor. Selain itu pisahkan juga baju yang mungkin masih luntur agar warnanya tidak mengotori serat kain dari baju lain.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *